Pengertian Seni Tari Secara Umum dan Menurut Ahli

Sebagian kita mungkin sering mendengar seni tari, namun jarang dari kita mengerti apa definisi dari seni tari. berikut mari kita simak Definisi Seni Tari Secara Umum dan Menurut Para Ahli : 

Seni budaya tak lepas dari tradisi dan cara hidup nenek moyang dari suku-suku yang mendiami daerah tersebut. Salah satu jenis seni budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke adalah seni tari. Ragam seni tari di Indonesia sangat banyak mulai dari yang jenis tradisional, klasik, hingga kontemporer. 

Pengertian Seni Tari secara umum adalah salah satu jenis kesenian untuk mengungkapkan ekspresi jiwa melalui gerakan tubuh dengan ritme, makna, tempat, tujuan, dan waktu tertentu. Sedangkan menurut para ahli, definisi seni tari adalah sebagai berikut.

Menurut Aristoteles

Filsuf terkenal Aristoteles menyatakan bahwa seni tari memiliki arti sebuah ungkapan jiwa manusia lewat olah tubuh yang berirama dengan tujuan menampilkan sejumlah filosofi watak seperti beraktivitas sehari-hari hingga ketika sedang dilanda nestapa. 

Bagong Kussudiardja 

Menurut seniman Bagong Kussudiardja, seni tari adalah perwujudan jiwa manusia lewat olah tubuh sesuai dengan iringan nada yang mengandung nilai keindahan. 

Andre Levinson 

Andre Levinson adalah seorang jurnalis seni tari dari Perancis. Levinson menyebutkan bahwa tari adalah suatu olah tubuh yang saling berkaitan pada sebuah tempat mengikuti irama dan cara-cara tertentu. 

Corrie Hartong 

Seorang ahli tari dari Belanda bernama Corrie Hartong menyatakan bahwa tari merupakan seperangkat alat yang terdiri dari gabungan sejumlah unsur dengan tujuan untuk menghasilkan gerakan tubuh yang harmoni sesuai cara-cara tertentu. 

Drs. I Gede Ardika 

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia era Presiden Abdurrahman Wahid ini mendefinisikan seni tari sebagai sejumlah gerak anggota tubuh yang diatur semenarik mungkin sehingga memiliki ritme. 

Demikian artikel tentang pengertian seni tari secara umum & menurut ahli, semoga bermanfaat. 
Sumber : Internet

Related Posts: