Pengertian E-mail Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Anda pasti sering mendengar tentang perkataan Negara baik dimedia cetak maupun digital. Akan tetapi, tahukah anda apa pengertian Negara? Untuk itu, mari kita melihat beberapa pendapat para pakar yang ahli di bidangnya mengenai pengertian dan definisi Negara.

Pengertian e-mail Secara Umum
E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan/membuka untuk menerima e-mail tersebut. Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan cara mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook.

Email ( Electronic Mail ) atau surat elektronik adalah surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer) dan dikirimkan melalui jaringan komputer.Atau Internet sebagai jaringan yang menghubungkan berbagai jarngan komputer di dunia memungkinkan penyampaian surat elektrinis dengan cepat, Surat elektrinis ini bisa sampai ke tujuan hanya dalam waktu beberapa detk, meskipun jarak antara pengirim dan penerima berjauhan; terpisah beribu-ribu kilometer.

Pengiriman e-mail biasa dilakukan dengna menggunakan protokol SMTP yang kepanjangan dari Simple Mail Transfer Protocol. Dalam hal ini, mail server atau server yang menagani email segera menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat.

Setiap pengirim atau penerima e-mail memiliki alamat emaol. Contoh alamat email adalah namamu@gmail.com. Untuk kata namamu itu unik alias tidak ada yang menyamakannya dengan pemakai lainnya asal dalam domain (gmail) yang sama.

Menurut layanannya email dikelompokkan antara lain :
POP mail (Post Office Protocol) adalah e-mail yang diambil dari penyedia internet (ISP_. Em-mail ini dapat diambil dari ISP dan kemudian ditempatkan pada komputer klien. Dengan demikian, e-mail dapat diaca tanpa harus terhubung ke internet. Namun, hal ini juga sekaligus menjadikan kelemahan jenis e-mail ini karena e-mail yang sudah diambil tidak bisa dibaca dari tempat lain. Untuk mengambil e-mail diperlukan program e-mail client, sepeti microshoft Outlook atau mozilla thunderbird.
Webmail adalah layanan e-mail yang ditujukan secara khusus untuk diakses melalui browser. Dengan kata lain, pemakai e-mail bisa mengakses e-mail tnapa perlu menggunakan program-program e-mail client. Layanan seperti ini dipelopori oleh Hotmail. Saat ini selain Hotmail, terdapat banyak penyedia layanan Webmail. Contohnya antara lain adalah Yahoo! Mail (mail.yahoo.com), Gmail (gmail.google.com), Lycos Mail (,ail.lycos.com) dan web mail Plasa.com (login.plasa.com). Keuntungan Webmail adalah pemakai dapat mengirim dan menerima e-mail dari mana saja dengan cukup menggunakan browser.
Email forwarding adalah fasilitas yang memungkinkan pengalihan suatu e-mail ke alamat e-mail lainnya. Dengan kala talin, mail server yang melayani e-mail forwarding hanya bertindak sebagai perantara. Cara seperti ini memberikan keuntungan bagi pemakai bahwa alamat e-mail yang sebenarnya tidak terlihat oleh orang lain. Namun, kelemahan e-mail ini adalah akan diterima sedikit lama karena melewati tahapan pengalihan e-mail. Perusahaan web host sering menggunakan pendekatan seperti ini terhadap kliennya.
 
Pengertian Email Menurut Para Ahli

# ALI ZAKI & SMITDEV COMMUNITY
E-mail adalah surat elektronik, yang memungkinkan semua orang saling berkirim pesan via jaringan internet

# HAPPY CHANDRALEKA
E-mail merupakan surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer

# JASMADI & E-MEDIA SOLUSINDO
E-mail adalah singkatan dari electronic mail. Singkatnya, e-mail merupakan metode berkirim pesan secara elektronik via internet

# TYAS VANNEZA
E-mail adalah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik

# DARMA, JAROT S, SHENIA A
E-mail merupakan singkatan dari electronic mail, memiliki prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja via internet, bukan lewat pos

# ERIMA ONETA & YOSEP. S
E-mail adalah salah satu fasilitas di internet yang begitu populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan e-mail, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat, dan aman

# INDRA KERTARAJASA FURQON
E-mail merupakan singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Sesuai dengan namanya, email digunakan untuk melakukan kegiatan surat - menyurat melalui jaringan internet

# JACK POPO
Email adalah salah satu sarana untuk berbagi foto melalui internet. Yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini tentu saja koneksi ke internet dan sebuah account email yang masih aktif.

Sumber : Internet

Related Posts: